Indikator Kinerja Kunci SMK Rujukan Adalah Kelas Maya dalam PBM

 Oleh:
Sarastiana,SPd
Guru Teknik Gambar Bangunan

Merujuk pada panduan Bintek SMK Rujukan yang dikeluarkan Direktorat PSMK Kementrian Pendidikan Nasional salah satu indikator kinerja kunci (IKK) sebagai SMK Rujukan adalah proses belajar mengajar telah menggunakan kelas maya.Selain IKK yang lain yaitu adanya TUK,partnership,penggunaan minimal 2 bahasa asing, profil lulusan dan SDM (jumlah siswa > 1000).
Kelas Maya (Virtual Class), adalah salah satu kompetensi yang diajarkan didalam Mapel Simulasi digital (SIMDIG) pada kelas satu semester satu. Suatu proses pembelajaran jarak jauh menggunakan media internet yang dapat akses dimana saja dan kapan pun sebagai bentuk aplikasi teknologi dalam pendidikan.Peran guru adalah sebagai fasilitator,mentor,kolaborator,pelatih,pengarah dan teman belajar.Peran siswa adalah sebagai partisipan aktif,dalam proses belajar scientifik siswa mengamati,menggali informasi,menanya,menemukan,mengolah,menganalisis kemudian mempresentasikan. 
Salah satu kelas maya yang direkomendasikan oleh Seamolec adalah Kelas Maya menggunakan Media Jejaring Pendidikan EDMODO
Berikut contoh tampilan halaman depan (HOME) dari Edmodo:

Saya telah membuat kelas maya ini pada 3(tiga tingkat), dengan saya beri nama kelas Teknik Gambar Bangunan,yang terdiri dari small group yaitu Kelas X,Kelas XI dan Kelas XII.
File-file tugas gambar siswa (selain mengajar Simdig saya juga mengajar mapel menggambar dengan aplikasi software AutoCAD) pun dapat dikirim siswa melalui Edmodo,berikut gambarnya:

Tugas dan quiz pun dapat kita pantau dari mana saja kapan saja berikut hasilnya:


Beberapa tulisan saya tentang Edmodo dapat dilihat di blog :http://sarastiana.blogspot.com

Comments