SMK Panca Bhakti Menuju SMK Rujukan


SMK Rujukan adalah sebuah SMK dengan kinerja yang bagus, akses luas dan efektif dalam hal pengelolaan institusi. SMK Rujukan ini nantinya akan menjadi sekolah induk (aliansi) bagi 3 atau 4 SMK sejenis yang skalanya lebih kecil yang lokasinya tidak berjauhan di suatu daerah. SMK aliansi tersebut dapat memanfaatkan fasilitas maupun sumber daya yang terdapat di SMK rujukannya. Pada tahun 2014 PSMK menargetkan adanya 300 SMK rujukan sebagai pilot project, dan diharapkan mencapai 1650 SMK pada tahun 2019.

Salah satu persyaratan SMK agar dapat ditunjuk sebagai SMK rujukan adalah adanya school development plan (SDP), sebuah rencana kerja tiga tahunan mengenai program kerja SMK rujukan. SEAMOLEC, sebagai sebuah lembaga regional yang berpengalaman dalam hal pemanfaatan ICT dalam pembelajaran serta program mitra kerja sama antar institusi pendidikan, menawarkan bantuan dalam penyusunan SDP dan pendampingan calon SMK Rujukan.
Indikator Kinerja Kunci (IKK) membantu sekolah dalam menentukan dan mengukur kemajuan untuk mencapai tujuan-tujuan sekolah. Setelah sekolah menganalisis misinya, mengidentifikasi semua pemangku kepentingan, dan menentukan tujuan-tujuan, maka membutuhkan cara untuk mengukur capaian-capaian yang telah dilakukan, dan pengukuran itu adalah IKK.
IKK mencerminkan tujuan-tujuan sekolah, menjadi kunci kesuksesan sekolah, dan oleh karenanya IKK harus dapat diukur. IKK dipertimbangkan untuk 3 tahun, Tetapi tujuan-tujuan jangka pendek dibuat dalam rangka mencapai tujuan jangka panjang. Seberapa besar pencapaian IKK tergantung ukuran yang ditentukan. Maka dari itu dalam membuat IKK harus menyatakan kuantitas atau persentase yang hendak dicapai.
Beberapa IKK itu adalah adanya TUK,Kelas Maya untuk PBM,Partnership,penguasaan bahasa asing,profil lulusan dan SDM



Comments