Sekilas Tentang Majelis Perwakilan Kelas (MPK)


MPK adalah kepanjangan dari Majelis Perwakilan Kelas. MPK jabatannya lebih tinggi dari OSIS. Karena yang menentukan kandidat ketua OSIS adalah MPK. Untuk itu banyak sekali tugas-tugas penting yang diemban MPK. Mulai dari pemilihan sampai laporan akhir OSIS. MPK bertanggungjawab atas berlangsung tidaknya kegiatan program-program kerja OSIS. 
MPK berkewajiban memonitoring semua kegiatan dan program kerja OSIS, jika terdapat permasalahan, MPK wajib membantu. OSIS tidak konsisten dengan program kerja, maka MPK wajib dan berhak untuk memperingatkan. 
MPK senantiasa memantau anak buahnya dalam menjalankan kegiatan dan tugasnya. MPK berhak menegur OSIS dan juga harus bertanggungjawab atas kegiatan OSIS. Karena keanggotaan MPK adalah dari semua kelas, diharapkan dapat menampung ide-ide, saran yang bertujuan untuk mengembangkan atau memajukan sekolah terutama berkaitan dengan kesiswaan.

Sinergi MPK dan OSIS
MPK selaku “kakak” dari OSIS sudah seyogianya membimbing dan menasehati OSIS, bukan menjadi saingan dalam merebut perhatian kepada sekolah. Peran MPK sesungguhnya cukup mempengaruhi kebijakan-kebijakan yang dilakukan OSIS, agar seluruh sepak-terjang OSIS merupakan tindakan konstruktif yang tidak hanya buang-buang dana. MPK pun sebernarnya juga mempunyai kewajiban untuk selalu dan selalu menemani tiap langkah yang selalu diayunkan oleh OSIS, walaupun hanya sekedar memperhatikannya dengan mata. Agar terjadi kesepahaman antara OSIS dan MPK agar nantinya mudah dalam hal pertanggungjawaban amanah kepada Pembina lalu ke Wakasek kesiswaan kemudian ke Kepsek (OSIS dan MPK).

Demikian juga di SMK Panca Bhakti Banjarnegara, kepaduan yang erat antara gerak kegiatan OSIS dan MPK sangat diharapkan untuk mengoptimalkan krgiatan yang tentunya sesuai dengan Visi-Misi sekolah. Selamat Bekerja dan Berkarya Pengurus MPK dan OSIS yang baru..






Comments