Pelepasan Siswa Kelas XII SMK Panca Bhakti Banjarnegara 2016


"Nuansa yang pas dengan kondisi sebagai organisasi pembelajar, nuansa budaya, nuansa etika, nuansa kompetensi dan nuansa sosial budaya", demikian kalimat pembukaan dari Bapak Wakil Bupati Banjarnegara dalam mengapresiasi pelaksanaan pengumuman dan pelepasan kelulusan SMK Panca Bhakti Banjarnegara Tahun 2016. Bertempat di Golden Ball Room Surya Yudha Banjarnegara (9/5/2016).
Pengumuman dan pelepasan Siswa Kelas XII SMK Panca Bhakti Banjarnegara memberi makna yang mendalam kepada siswa dan Orang Tua siswa dan jauh dari kesan yang berfoya-foya. Pemakaian busana jawa lengkap dengan blangkon bagi para siswa dikandung maksud memberikan pembelajaran untuk selalu menghargai budaya dan tradisi leluhur.
Tradisi pengumuman dan pelepasan menggunakan busana jawa lengkap ini telah dilaksanakan selama 2 tahun ini.Dalam sambutannya Kepala Sekolah SMK Panca Bhakti Banjarnegara menyampaikan bahwa banyak makna yang dapat diambil dari penyelenggaraan ini yang tentu jauh dari hanya sekedar huru-hura yang tanpa makna.



Pada acara ini disampaikan apresiasi kepada Siswa Kelas XII berupa penghargaan kepada Juara Paralel satu sekolah maupun paralel setiap Program Keahlian.
Selain dihadiri Bapak Hadi Supeno, Wakil Bupati Banjarnegara, hadir juga Kapolres Banjarnegara yang diwakili oleh Kasatlantas dan juga Kepala Dindikpora Kab.Banjarnegara.
Ditampilkan secara apik paguyuban karawitan Guru dan Siswa SMK Panca Bhakti Banjarnegara sebagai bukti bahwa proses belajar mengajar bukan hanya mengedepankan kemampuan kompetensi tetapi juga adanya pengembangan untuk memahami budaya lelulur melalui implementasi pelestarian nilai-nilai tersebut.

Comments