Download Panduan Penilaian SMK Dengan Kurikulum 2013

Download Panduan Penilaian SMK Kurtilas Perubahan Tahun 2016

Kurikulum ini dipersiapkan untuk mencetak generasi yang siap menghadapi aneka tantangan globalisasi masa depan, yang lebih difokuskan pada fenomena alam, sosial, seni dan budaya melalui pendekatan tersebut diharapkan peserta didik memiliki kompetensi, sikap keterampilan dan pengetahuan yang jauh lebih baik. Pada kurikulum 2013 terdapat sedikitnya ada 5 entitas yang diharapkan mengalami perbaikan yakni, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan (guru), managemen dan satuan pendidikan, negara dan bangsa, hingga masyarakat umum secara keseluruhan. 
Dalam kurikulum 2013 ada tiga aspek yang menjadi fokus, yakni aspek filosofis, yuridis, dan konseptual. Perubahan yang terjadi pada lima entitas itu juga menyentuh tiga aspek penting tersebut. Ada empat standar dalam kurikulum yang akan berubah, yakni, standar kompetensi lulusan, standar proses, standar isi, dan standar penilaian. 
Kurikulum 2013 dikembangkan untuk meningkatkan capaian pendidikan dengan 2 (dua) strategi utama yaitu peningkatan efektifitas pembelajaran pada satuan pendidikan dan penambahan waktu pembelajaran di sekolah. Efektifitas pembelajaran dicapai melalui 3 tahapan yaitu efektifitas interaksi, efektifitas pemahaman, dan efektifitas penyerapan. Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan adalah proses pengumpulan informasi/data tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam aspek pengetahuan dan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis yang dilakukan pada akhir satuan pendidikan dan ujian sekolah/madrasah. 
Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik berfungsi untuk memantau kemajuan belajar, memantau hasil belajar, dan mendeteksi kebutuhan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan. Lingkup Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik mencakup aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan, dan lingkup penilaian hasil belajar oleh Satuan Pendidikan mencakup aspek pengetahuan dan aspek keterampilan. Untuk penerapan penilaian tersebut perlu disusun panduan berupa model penilaian dan hasil belajar implementasi Kurikulum 2013 pada SMK.Sumber ditpsmk

Comments

  1. Materi ini hasil Bintek Kurikulum 2013 di Kabupaten Banjarnegara

    ReplyDelete

Post a Comment