Sebuah Mimpi Untuk Buletin Sekolah


Buletin sekolah apa kalian tahu apakah artinya itu? Kata ini sering sekali kita dengar, tapi tak jarang kita juga tidak mengetahui apa artinya. Buletin adalah sebuah media, media penyalur informasi, media yang berisi informasi-informasi tentang aktifitas dan berbagai berita aktual lainnya. Di beberapa sekolah tingkat menengah dan atas saat ini telah banyak yang memiliki buletin ataupun majalah, buletin-buletin yang mereka terbitkan tentunya mempunyai karakteristik dan ciri-ciri yang berbeda satu dengan lainnya. Hal ini karena setiap sekolah mempunyai tujuan yang berbeda tergantung jurusan yang dimilikinya.
Kecenderungan ini tentunya didasarkan atas usaha pengembangan sumber daya siswa. Karena dengan adanya buletin, siswa akan dapat menuangkan kreativitas dan bakat jurnalistiknya bahkan juga segala uneg-uneg mereka, baik mengenai saran maupun kritik terhadap sekolahnya. Pada umumnya, buletin sekolah adalah sebagai wadah pengembang kreatifitas jurnalistik buat siswa-siswi, sehingga karya-karya maupun pemikiran-pemikirannya dapat ditampung dalam sebuah media dengan ciri khasnya tersendiri.
Disamping itu para siswa juga akan dapat berkomunikasi dan bersilaturrahmi dengan teman-teman sekaligus dengan pengelolanya. Nah, untuk buletin sekolah, biasanya dikelola oleh sebuah lembaga OSIS yang bergerak di bidang jurnalistik, yang tentunya mempunyai tujuan-tujuan tersendiri, diantaranya:
1. Mendorong dan memacu berkembangnya kreatifitas di bidang tulis-menulis atau jurnalistik.
2. Ikut melanjutkan tercapainya tujuan instruksional OSIS
3. Menyediakan jalur informasi timbal balik yang aktual
4. Menyelenggarakan pendidikan dasar jurnalistik yang ditujukan untuk tim redaksi dan para peminat, sebagai bekal bertambahnya wawasan di bidang jurnalistik
5. Melatih para redaktur untuk menangani sebuah lembaga di bidang jurnalistik.
Dari refleksi dan contoh konkret di atas sebenarnya kita bisa banyak belajar bagaimana kita mengolah informasi menjadi sebuah kombinasi yang bagus dengan tujuan memberikan informasi yang akurat dan sesuai realitas dan sudut pandang yang terjadi. Diharapkan semua anggota ataupun penanggung jawab lebih peka terhadap kenyataan yang terjadi di lapangan karena informasi itu sifatnya majemuk dan cepat berkembang, dan selalu yakin bahwa setiap individu itu mempunyai kehidupan sosial dan selalu berkolaborasi sehingga berita atau informasi itu merupakan kebutuhan dari setiap individu. Janganlah selalu berpikir sulit tentang pengolahan sebuah berita, karena berita atau informasi itu sifatnya fleksibel dan dapat kita temui dimanapun. Seperti halnya ketika kita melihat sebuah perubahan yang baru dalam lingkungan kita maka itu bisa dijadikan bahan atau kajian untuk membuat sebuah informasi atau berita.
Disadur dari : merdeka.com

Comments