Simulasi UNBK SMP di SMK Panca Bhakti Banjarnegara

Siswa MTs Negeri 2 Banjarnegara

Pada hari Sabtu tanggal 25 Pebruari 2017 SMK Panca Bhakti Banjarnegara melaksanakan Simulasi UNBK untuk SMP. Dua (2) SMP yang melaksanakan UNBK di SMK Panca Bhakti yaitu SMP Negeri 1 Madukara dan MTs Negeri 2 Banjarnegara.
Jumlah siswa yang melaksanakan simulasi berjumlah 435 siswa SMP dengan 3 sesi pelasanaan untuk masing-masing SMP.
Sebuah kolaborasi yang sangat mesra dan perlu di contoh untuk instansi yang lain terkait dengan pelaksanaan program kerja. Kolaborasi tersebut adalah kerjasama pelaksanaan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) antara SMK dan SMP.
Berkaca pada pelaksanaan UNBK 2 tahun berturut-turut ini, pada SMK pemerintah memandang perlu dilakukan UNBK pada sekolah jenjang dasar (SMP dan SD). Sehingga pada tahun ini sekolah tingkat SMP melaksanakan kegiatan ujian nasional berbasis komputer. Timbul masalah berkaitan dengan penyiapan perangkat untuk UNBK. Untuk mengantisipasi pelaksanaan UNBK bagi SMP yang belum memiliki lab.komputer dilakukan kerjasama antara SMK dan SMP yang berdekatan untuk pelaksanaannya.
“Jelang pelaksanaan UNBK, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota kami harapkan saling bersinergi. Pemerintah daerah bisa mendorong sekolah untuk saling berbagi. SMP yang belum memiliki fasilitas komputer boleh meminta bantuan kepada SMA/SMK yang sudah memiliki fasilitas tersebut,” kata Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Kemendikbud, Nizam, Sabtu (4/2/2017).
Berikut Jadwal Pelaksanaan UNBK SMP



Comments