Kesiapsiagaan Bencana Nasional 2017


Tanggal 26 April ditetapkan sebagai hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional. SMK Panca Bhakti Banjarnegara bekerjasama dengan BNPB Kab. Banjarnegara melakukan simulasi penanganan bencana. Semua siswa dan guru secara serentak melakukan proses simulasi bencana.
Indonesia umumnya dan Banjarnegara pada khususnya adalah merupakan daerah yang rawan bencana baik itu gempa bumi, tanah longsor dan sebagainya.Semua orang mempunyai risiko terhadap potensi bencana sehingga penanganan bencana merupakan urusan semua pihak. Oleh sebab itu, perlu dilakukan berbagi peran dan tanggung jawab dalam peningkatan kesiapsiagaan disemua tingkatan baik untuk anak, remaja dan dewasa seperti yang telah dilakukan di Jepang untuk menumbuhkan kesadaran kesiapsiagaan bencan.
Inisiasi dari BNPB menjadikan tanggal 26 April sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana bertujuan membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menuju Indonesia Tangguh Bencana

Melihat kondisi seperti tersebut diatas, perlu adanya gerakan untuk merubah budaya dan paradigma yang sadar bencana, perlu dilakukan pelatihan-pelatihan kesiapsiagaan secara teratur dan berkelanjutan. “Kita akan mengukur sejauh mana kesiapan masing-masing pihak sesuai tema kesadaran, kewaspadaan, dan kesiap siagaan menghadapi bencana. Kami berharap kegiatan ini akan diikuti oleh jutaan masyarakat Indonesia dan dapat dilaksanakan melalui komitmen bersama kitasiap, untuk selamat.












Comments

Post a Comment