Nilai-Nilai Perjuangan dan Kepanduan, Penting Bagi Generasi Muda



Upacara bendera Hari Senin (14/8/2017) bertepatan dengan Peringatan Hari Pramuka Tahun 2017. Upacara rutin setiap hari senin di SMK Panca Bhakti Banjarnegara ini terasa beda, selain bertepatan dengan Hari Pramuka juga yang menjadi Pembina Upacara adalah Wakil Bupati Banjarnegara Samsudin,SPd,M.Pd. Peserta upacara mengenakan seragam pramuka lengkap dengan tanda-tanda kepanduan, menambah semangat pelaksanaannya.
Dalam sambutannya Wakil Bupati Banjarnegara Samsudin,SPd,M.Pd menekankan syukur kita kepada Allah SWT yang telah memberikan berjuta nikmat. Syukur juga disampaikan atas nikmat merdeka. Bagaimana para pejuang Banjrnegara berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Lebih lanjut disampaikan bagaimana Kapten Ahmad Jamhuri Komandan Batalion BKR Banjarnegara dan Pendekar Hombrori  bersama pejuang-pejuang Banjarnegara menghadang tentara Jepang di Alun-Alun serta melucuti senjatanya, yang menjadikan Batalion Banjarnegara menjadi Batalion yang terlengkap dan terbanyak persenjataannya. Letnan Karjono dan Serma Muklas yang gugur membela bukan hanya Banjarnegara tetapi karena rasa nasionalisme, mereka rela dikirim kebeberapa daerah untuk mempertahankan Kemerdekaan. Mereka (Kapten Ahmad Jamhuri, Hombrori, Letnan Karjono, Serma Muklas) dan masih banyak pejuang dan pahlawan asli Banjarnegara rela tanpa pamrih merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI.
"Contoh, suri tauladan itulah yang harus melekat didalam sanubari anak-anakku sehingga anak-anakku dapat menorehkan tinta emas dalam mengisi kemerdekaan ini" demikian antara lain disampaikan pembina upacara dalam sambutannya.
"Setelah berturut-turut diawali oleh Bapak Bupati Banjarnegara dan Ibu Kapolres Banjarnegara, AKBP Nona Pricillia E, upacara rutin hari senin ini kami mengundang Bapak Wakil Bupati Banjarnegara. Ini bertujuan memberikan motivasi kepada para siswa agar dapat sukses," demikian disampaikan oleh Agus Supartono,SH,ST,SPd,MM Kepala Sekolah SMK Panca Bhakti Banjarnegara.





Comments