REVIEW DAN PERBAIKAN NASKAH INOVASI PEMBELAJARAN 2017


Tulisan ini di sarikan dari lomba Inovasi Pembelajaran (INOBEL) 2017 tingkat Nasional. Diharapkan guru dapat melakukan proses self review dan perbaikan karya tulis ilmiahnya sendiri. Proses pendampingan akan dilakukan oleh fasilitator melalui berbagai pendekatan, seperti kegiatan diskusi, simulasi, penugasan dan tanya jawab. Kegiatan workshop ini akan dilengkapi oleh penerapan proses self review naskah karya inovasi pembelajaran menggunakan instrumen review yang memiliki 3 aspek yaitu: sistematika, kebahasaan, dan plagiarisme.

I. Indikator Pencapaian Kompetensi 
a. Menjelaskan Konsep Dasar Review
b. Menjelaskan Instrumen Review
c. Menjelaskan Konsep Self Review
d. Menjelaskan Langkah Self Review
e. Mempraktikan Self Review
f. Menjelaskan Langkah-langkah perbaikan KTI
g. Mempraktikan perbaikan KTI

II. Ruang Lingkup 
Materi Materi ini membahas Konsep Dasar Review, Instrumen Review, Konsep Self Review, Langkah Self Review, Praktik Self Review, Langkah-langkah Perbaikan, dan Praktik perbaikan KTI.

III. Materi 


a           Konsep Dasar Review
1)      Pengertian
Review text adalah teks yang ditujukan untuk meninjau suatu karya, baik film, buku dan sebagainya, untuk mengetahui kualitas, kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh karya tersebut. Tujuan dari Review text adalah melakukan kritik terhadap peristiwa atau karya seni ataupun lainnya untuk khalayak umum (www.ef.co.id).
Dari pengertian tersebut dapat dijelaskan bahwa review karya niovasi pembelajaran adalah teks yang ditujukan untuk meninjau karya inovasi pembelajaran sehingga diperoleh informasi kualitas, kelebihan, serta kekurangannya.
2)      Jenis Review
Review ada beberapa jenis, diantaranya: a) review oleh ahli biasa disebut expert judgement, a) review oleh teman sejawat (sesama profesi, seperti peneliti atau guru) biasa disebut peer-review (www.elsevier.com), dan 3) review oleh sendiri atau biasa disebut self-review.

a     Instrumen Review
Instrumen review Karya Tulis Ilmiah (KTI) menggunakan instrumen penilaian kelayakan perlombaan karya  inovasi pembelajaran. Instrumen review disusun berdasarkan isi dan sitematika karya tulis ilmiah,  kebahasaan, serta menghindari plagiasi.  Secara lengkap aspek-aspek dan komponen dari instrument review disajikan pada tabel berikut:
 

No
Aspek
Komponen
Penjelasan
1
Sistematika
Judul
1.     Ditulis dengan huruf kapital dalam bahasa Indonesia, kecuali istilah asing ditulis dalam cetak miring
2.     Singkat, jelas, padat, dan informatif
3.     Maksimum 20 kata


Abstrak
1.     Memuat secara ringkas tujuan, metode, dan hasil
2.     Memuat maksimal 5 kata kunci
3.     Ditulis dalam 200 - 300 kata
4.     Spasi 1 (single)


Pendahuluan
1.     Latar belakang memuat kondisi nyata, kondisi ideal, solusi inovatif dan keunggulannya.
2.     Rumusan masalah memuat permasalahan pembelajaran yang akan diselesaikan melalui karya inovasi. Rumusan masalah dapat dituliskan dalam kalimat tanya atau pernyataan.
3.     Tujuan memuat butir-butir sasaran inovasi pembelajaran sesuai dengan rumusan masalah.
4.     Manfaat memuat pernyataan-pernyataan tentang kontribusi karya inovasi pembelajaran bagi peserta didik, guru, dan sekolah.



Kajian Pustaka
1.    Memuat pernyataan tentang ide dasar yaitu inspirasi yang mendasari dikembangkannya karya inovasi pembelajaran
2.    Memuat teori yang relevan untuk melandasi penyusunan karya inovasi pembelajaran
3.    Memuat kerangka berpikir yang berisi alasan-alasan rasional dan empirik untuk menghubungkan masalah dan karya inovasi serta dapat disajikan dalam bentuk bagan


Karya Inovasi Pembelajaran
1.     Rancangan karya inovasi pembelajaran memuat metode, detail karya, proses, dan prosedur pengembangan karya inovasi pembelajaran.
2.     Implementasi dalam pembelajaran memuat penjelasan tentang prosedur, kendala-kendala penerapan karya inovasi dan upaya-upaya perbaikannya.
3.     Analisis data hasil implementasi dalam pembelajaran memuat sajian data dan pembahasannya secara rasional dan teoretik.
4.     Diseminasi memuat prosedur dan hasil penyebarluasan karya inovasi pembelajaran pada rekan sejawat atau Kelompok Kerja Guru (KKG).


Penutup
1.    Simpulan memuat butir-butir capaian dari karya inovasi pembelajaran yang merujuk pada rumusan masalah.
2.    Saran memuat pernyataan spesifik untuk menyempurnakan karya inovasi pada masa mendatang berdasarkan temuan pada saat implementasi.


Daftar Pustaka
1.     Disusun sesuai kaidah penulisan kepustakaan
2.     Memuat semua sumber pustaka yang digunakan sebagai rujukan dalam penulisan naskah karya inovasi.
3.     Sumber pustaka diterbitkan 10 tahun terakhir.


Lampiran
1.    Bukti kepemilikan NUPTK;
2.    Biodata Peserta Lomba Inovasi Pembelajaran;
3.    Fotokopi Ijazah S1/ D4 yang dilegalisasi;
4.    Surat Keterangan Sehat dari Dokter;
5.     Surat Pernyataan  yang menyatakan bahwa:
a.    tidak sedang dalam mengikuti tugas belajar yang dibiayai Pemerintah.
b.   belum pernah menjadi Juara 1, Juara 2, atau Juara 3 lomba yang diselenggarakan oleh Kemendikbud tahun 2014 sampai dengan tahun 2016.
c.    tidak mengikuti lomba lain yang diselenggarakan oleh Kemendikbud pada tahun 2017.
d.   naskah belum pernah dimuat dalam publikasi ilmiah.
e.    naskah bukan skripsi, tesis, atau disertasi.
f.    karya sudah diimplementasikan dalam pembelajaran.
g.   karya belum pernah diikutsertakan atau sedang diikutsertakan dalam lomba sejenis baik secara nasional maupun internasional.
2
Kebahasaan
Diksi
1.      Syarat ketepatan terkait dengan aspek logika kata, artinya setiap kata hanya memiliki satu makna dan mengacu hanya pada satu rujukan yang tepat
2.      Syarat kesesuaian terkait dengan aspek sosial kata, artinya setiap kata memiliki makna sesuai dengan pemakaiannya dalam konteks sosial


Kalimat
1.      Kesepadanan dan kesatuan
2.      Kesejajaran bentuk dan makna
3.      Penekanan dalam kalimat
4.      Kehematan dalam kalimat
5.      Kevariasian dalam struktur kalimat


Paragraf
1.      Kesatuan paragraph
2.      Kepaduan/koherensi
3.      Kelengkapan


Ejaan
1.      Penulisan huruf
2.      Penulisan kata
3.      Penulisan unsur
4.      Pemakaian tanda baca


Notasi Ilmiah
1.      Kutipan
2.      Catatan kaki
3
Plagiarisme
Similarity
Tingkat kesamaan antara naskah dan sumber yang ada di internet.


Citacy
Tingkat kesesuaian antara rujukan pada naskah dan daftar pustaka.




Comments