a. Menjelaskan Konsep Dasar Review
b. Menjelaskan Instrumen Review
c. Menjelaskan Konsep Self Review
d. Menjelaskan Langkah Self Review
e. Mempraktikan Self Review
f. Menjelaskan Langkah-langkah perbaikan KTI
g. Mempraktikan perbaikan KTI
II. Ruang Lingkup
Materi Materi ini membahas Konsep Dasar Review, Instrumen Review, Konsep Self Review, Langkah Self Review, Praktik Self Review, Langkah-langkah Perbaikan, dan Praktik perbaikan KTI.
III. Materi
a Konsep
Dasar Review
1)
Pengertian
Review
text adalah teks yang ditujukan untuk meninjau suatu karya, baik
film, buku dan sebagainya, untuk mengetahui kualitas, kelebihan serta
kekurangan yang dimiliki oleh karya tersebut. Tujuan dari Review text adalah melakukan kritik terhadap peristiwa atau karya seni ataupun
lainnya untuk khalayak umum (www.ef.co.id).
Dari pengertian tersebut dapat dijelaskan bahwa review karya niovasi
pembelajaran adalah teks yang ditujukan untuk meninjau karya inovasi
pembelajaran sehingga diperoleh informasi kualitas, kelebihan, serta
kekurangannya.
2)
Jenis Review
Review ada beberapa jenis, diantaranya: a) review oleh ahli
biasa disebut expert judgement, a) review oleh teman sejawat (sesama profesi, seperti peneliti
atau guru) biasa disebut peer-review (www.elsevier.com), dan 3) review
oleh sendiri atau biasa disebut self-review.
a Instrumen Review
Instrumen review Karya Tulis Ilmiah (KTI)
menggunakan instrumen penilaian kelayakan perlombaan karya inovasi pembelajaran. Instrumen review
disusun berdasarkan isi dan sitematika karya tulis ilmiah, kebahasaan, serta menghindari plagiasi. Secara lengkap aspek-aspek dan komponen dari
instrument review disajikan pada tabel berikut:
No
|
Aspek
|
Komponen
|
Penjelasan
|
1
|
Sistematika
|
Judul
|
1. Ditulis dengan huruf kapital dalam bahasa
Indonesia, kecuali istilah asing ditulis dalam cetak miring
2. Singkat, jelas, padat, dan informatif
3. Maksimum 20 kata
|
|
|
Abstrak
|
1. Memuat secara ringkas tujuan, metode, dan
hasil
2. Memuat maksimal 5 kata kunci
3. Ditulis dalam 200 - 300 kata
4. Spasi 1 (single)
|
|
|
Pendahuluan
|
1.
Latar belakang memuat
kondisi nyata, kondisi ideal, solusi inovatif dan keunggulannya.
2.
Rumusan masalah memuat permasalahan pembelajaran yang akan diselesaikan
melalui karya inovasi. Rumusan masalah dapat dituliskan dalam kalimat tanya
atau pernyataan.
3.
Tujuan
memuat butir-butir sasaran inovasi
pembelajaran sesuai dengan rumusan masalah.
4.
Manfaat memuat pernyataan-pernyataan tentang kontribusi karya inovasi
pembelajaran bagi peserta didik, guru, dan sekolah.
|
|
|
Kajian Pustaka
|
1.
Memuat pernyataan tentang ide dasar yaitu inspirasi yang mendasari
dikembangkannya karya inovasi pembelajaran
2.
Memuat teori yang relevan untuk
melandasi penyusunan karya inovasi pembelajaran
3.
Memuat kerangka berpikir yang berisi alasan-alasan rasional dan empirik untuk menghubungkan masalah dan karya inovasi serta dapat disajikan dalam bentuk bagan
|
|
|
Karya Inovasi Pembelajaran
|
1.
Rancangan karya inovasi pembelajaran memuat metode, detail karya, proses, dan prosedur
pengembangan karya inovasi pembelajaran.
2.
Implementasi dalam pembelajaran memuat penjelasan tentang prosedur,
kendala-kendala penerapan karya inovasi dan upaya-upaya perbaikannya.
3.
Analisis data hasil implementasi dalam pembelajaran memuat sajian data
dan pembahasannya secara rasional dan teoretik.
4.
Diseminasi memuat prosedur dan hasil penyebarluasan karya inovasi
pembelajaran pada rekan sejawat atau Kelompok Kerja Guru (KKG).
|
|
|
Penutup
|
1.
Simpulan memuat butir-butir
capaian dari karya inovasi pembelajaran yang
merujuk pada rumusan masalah.
2.
Saran memuat pernyataan spesifik untuk
menyempurnakan karya inovasi pada masa mendatang berdasarkan temuan pada saat
implementasi.
|
|
|
Daftar Pustaka
|
1.
Disusun sesuai
kaidah penulisan kepustakaan
2.
Memuat semua sumber pustaka yang digunakan sebagai rujukan dalam
penulisan naskah karya inovasi.
3.
Sumber pustaka diterbitkan 10 tahun
terakhir.
|
|
|
Lampiran
|
1.
Bukti kepemilikan NUPTK;
2.
Biodata Peserta Lomba Inovasi Pembelajaran;
3.
Fotokopi Ijazah S1/ D4 yang dilegalisasi;
4.
Surat Keterangan Sehat dari Dokter;
5.
Surat Pernyataan yang menyatakan bahwa:
a. tidak sedang dalam mengikuti tugas belajar yang dibiayai Pemerintah.
b. belum pernah menjadi Juara 1,
Juara
2, atau Juara 3 lomba yang
diselenggarakan oleh Kemendikbud tahun 2014
sampai dengan tahun 2016.
c. tidak
mengikuti lomba lain yang diselenggarakan oleh Kemendikbud pada tahun 2017.
d. naskah
belum pernah dimuat dalam publikasi ilmiah.
e. naskah
bukan skripsi, tesis, atau disertasi.
f. karya
sudah
diimplementasikan dalam
pembelajaran.
g. karya
belum
pernah diikutsertakan atau sedang diikutsertakan dalam lomba sejenis
baik secara nasional maupun internasional.
|
2
|
Kebahasaan
|
Diksi
|
1.
Syarat ketepatan terkait dengan aspek logika kata, artinya setiap
kata hanya memiliki satu makna dan mengacu hanya pada satu rujukan yang tepat
2.
Syarat kesesuaian terkait dengan aspek sosial kata, artinya
setiap kata memiliki makna sesuai dengan pemakaiannya dalam konteks sosial
|
|
|
Kalimat
|
1.
Kesepadanan dan kesatuan
2.
Kesejajaran bentuk dan makna
3.
Penekanan dalam kalimat
4.
Kehematan dalam kalimat
5.
Kevariasian dalam struktur kalimat
|
|
|
Paragraf
|
1.
Kesatuan paragraph
2.
Kepaduan/koherensi
3.
Kelengkapan
|
|
|
Ejaan
|
1.
Penulisan huruf
2.
Penulisan kata
3.
Penulisan unsur
4.
Pemakaian tanda baca
|
|
|
Notasi Ilmiah
|
1.
Kutipan
2.
Catatan
kaki
|
3
|
Plagiarisme
|
Similarity
|
Tingkat
kesamaan antara naskah dan sumber yang ada di internet.
|
|
|
Citacy
|
Tingkat
kesesuaian antara rujukan pada naskah dan daftar pustaka.
|
Comments
Post a Comment