Siswa SMK Panca Bhakti Banjarnegara Wakili Raimuna Nasional 2017


Siswa SMK Panca Bhakti Banjarnegara mewakili Propinsi Jawa Tengah dalam kegiatan Raimuna Nasional (Rainas) Gerakan Pramuka. Penyelenggaraan Raimuna Nasional (Rainas) pada tanggal 13 s.d. 22 Agustus 2017 di Bumi Perkemahan Cibubur. Peserta berasal dari dalam dan luar negeri. Diperkirakan 15 ribu anggota hadir. Siswa SMK Panca Bhakti Banjarnegara diwakili oleh Habib Nurul siswa kelas XII TKR dan Ali Reza Siswa Kelas XI TEI dari Gugus Depan Sri Rama. "Pemilihan keduanya berdasarkan seleksi yang dilakukan oleh Kwarda Jawa Tengah", demikian disampaikan oleh Pembina Pramuka SMK Panca Bhakti Banjarnegara Ibu Rosy.
Raimuna merupakan kegiatan pertemuan besar dengan berbagai aktivitas yang bersifat kreatif, produktif, edukatif, inovatif dan rekreatif dalam bentuk perkemahan. Kata Raimuna berasal dari bahasa Ambai, daerah Yapen Timur, kabupaten Yapen Waropen, Papua.
Kata Raimuna merupakan gabungan dua kata yaitu Rai dan Muna. Rai berarti sekelompok orang yang berkumpul untuk mencapai tujuan tertentu yang ditetapkan bersama. Sedangkan Muna adalah daya kekuatan jiwa seseorang yang berpengaruh baik dalam mencapai kesuksesan.
Kesiapan gelaran ini disampaikan Dewan Kerja Nasional Gerakan Pramuka, Robby Zulfandi, bahwa kegiatan selama satu minggu kegiatan Rainas akan dibagi menjadi dua. Pertama, sebagian dipusatkan di area lokasi perkemahan. Kedua, kegiatan dilakukan di luar perkemahan atau tour edukasi, dengan sistem rolling. 
 “Untuk di area perkemahan, ada global development village, waktu luang, Ispec, pentas seni, festival dan karnaval, jumpa tokoh, ada juga rover challenges,” ujar Robby di Kantor Kwarnas, Selasa (13/6). Adapun kegiatan di luar, ada education tour ke seluruh wilayah di Jakarta. 
Roby menuturkan, tour ini untuk penambahan wawasan sekaligus dalam rangka pengabdian kepada masyarakat. Sehingga, wilayah dan tempatnya berbeda dari education tour Jambore Nasional. “Education tour Rainas lebih ditekankan pada pengabdian masyarakat dan penambahan wawasan kebangsaan. 
Berbeda dengan Jamnas yang memilih tempat-tempat rekreasi atau hiburan sebagai education tournya,” jelasnya. 
Berikut daftar education tour Rainas: 
Jakarta Utara:
1. PT. Astra Internasional 
2. PT. Gaya Motor 
3. Situs Rumah Pitung 
Jakarta Pusat 
1. Monas 
2. Galeri Nasional 
3. GD. Kwartir Nasional 
 Jakarta Timur 
1. Museum Pancasila Sakti 
2. Museum Dirgantara 
3. BNN 
Jakarta Barat 
1. PT. Garuda Indonesia 
2. Museum Fatahilah 
3. Museum Bank Indonesia 
4. Museum Bank Mandiri 
5. Museum Pos Indonesia 
 Jakarta Selatan 
1. Museum Satria Mandala 
2. Setu Babakan. 

Untuk diketahui, Rainas ke-XI akan diikuti 15.000 peserta. Kegiatan ini juga rencananya akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Agustus mendatang. 
Sumber :https://pramuka.or.id



Comments