SMK Panca Bhakti Wakli Kabupaten Banjarnegara pada FLS2N Tk Propinsi 2017

Oleh: Tiara Risqi Gita Ramadhani
Siswa Kelas XI TKJ


FLS2N merupakan singkatan dari Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional yang merupakan agenda tahunan kementrian pendidikan Nasional. Tujuan di adakan nya kegiatan ini adalah, untuk memotivasi siswa atau peserta didik yang mempunyai bakat di bidang seni agar dapat meningkatkan skil dan kemampuan nya sesuai dengan bidang seni yang di miliki nya. FLS2N adalah salah satu kegiatan untuk pembentukan sikap atau karakter yang penuh dengan kreativitas dan persahabatan. 
Peserta FLS2N tingkat Provinsi diikuti hampir tiap tiap kabupaten, sebagai wujud antusias mereka dalam kegiatan festival ini. dengan mata lomba Menyanyi solo, Gitar klasik, Piano solo, Cipta dan Baca puisi, Film pendek, dan tari tradisional. Yang di laksanakan pada Hari senin sampai dengan Rabu, tanggal 14-16 Agustus 2017 di Hotel UTC Semarang. Kegiatan FLS2N sampai saat ini berjalan dengan teratur dengan kemampuan masing-masing peserta yang memiliki ambisi untuk meraih juara dan mewakili jawa tengah menuju tingkat nasional. 
SMK Panca Bhakti merupakan salah satu sekolah yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Keikut sertaan para peserta didik tentunya membuat bangga pihak sekolah khusunya kepala sekolah SMK Panca Bhakti Banjarnegara yang telah mengharumkan nama baik sekolah dengan mengikuti mata lomba Film pendek, yang di wakili oleh Irfan Rohmatuloh dan Tiara rizqi gita Ramadhani siswa kelas XI TKJ dan di dampingi oleh Tiga guru, pak fadli kurniawan S.Pd. Pak Donny Ardiansyah S.kom , dan Pak Agung Nugroho S.Pd dan Tiga alumni pemenang FLS2N tingkat kabupaten yaitu Krisna Reva utama, Agus triyono Aji, Syahdan Ginawa Damai, yang menyepakati tema dokumenter dari ketentuan yang ada, dan mengangkat judul Rambut Gembel pada Event atau Acara Dieng Culture Festival. 
FLS2N cabang Film Pendek dengan tema kearifan lokal yang terdapat dua pilihan yaitu Fiksi dan Dokumenter, kita Tim dari Smk Panca Bhakti sepakat memilih Film berbentuk Komenter Yang mendokumentasikan Rambut gembel yang sesuai dengan fakta atau sesuai keadaan dan suasana yang ada. mulai dari prosesi Kirab hingga Ngelarung (Pembuangan Rambut gembel) ke dalam Telaga warna. Yang di kemas dalam acara Dieng culture festival yang merupakan Acara tahunan sebagai wujud pelestarian budaya masyarakat Dieng Ini selalu mengundang minat wisatawan untuk hadir ke sana. Tercatat, lebih dari 20 ribu orang hadir dalam acara Dieng Culture Festival yang dapat menyulap kegiatan apik nan romantis sebagai pemikat hati para pejalan yang merindukan perpaduan keindahan alam dan keunikan budaya nya. Mulai dari memperkenalkan kuliner kuliner khas Banjarnegara yang di kemas dalam sebutan Festival kuliner, pertunjukan Jazz atas awan yang digelar disekitar kompleks candi Arjuna. mengapa di sebut Jazz atas awan ? Karena pagelaran ini ditampilkan pada ketinggian kurang lebih 2100 meter diatas permukaan laut. Selain itu, Festival lampion juga tidak kalah menarik nya, dengan menerbangkan 5000 lampion yang di susul dengan 1000 letusan kembang api yang mewarnai langit Dieng Dan masuk pada Acara inti Dieng Culture Festival adalah Upacara Pemotongan Rambut Gembel yang termasuk dalam acara inti dan sakral. Pencukuran rambut gembel ini dimulai dengan Doa-Doa di beberapa kompleks candi dieng oleh kyai yang di tunjuk panitia, kemudian anak- anak yang berambut gembel melakukan tradisi yaitu kirab ke tempat jamasan yang berada di samping candi arjuna. Pencukuran di lakukan di iringi dengan jejaluk (permintaan) sang anak yang harus di turuti.





Comments