Juara 3 Lomba Geguritan Tk.Propinsi 2017


SMK Panca Bhakti Banjarnegara meraih juara 3 pada lomba Geguritan Tingkat SMA/MA/SMK tingkat Jawa Tengah 2017. Lomba dilaksanakan di Obyek Wisata Tirta Arum Kabupaten Kendal, 14 Oktober 2017.
Sebanyak 35 peserta putra dan putri mengikuti Lomba Geguritan tingkat SMK dan SMA se Jawa Tengah. Lomba yang diadakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Jawa Provinsi Jawa Tengah ini digelar di Tirto Arum Kendal, Sabtu (14/10/2017). Semua kabupaten mengirimkan perwakilannya.
Peserta adalah perwakilan dari Kabupaten/kota di Jawa Tengah. Panitia lomba, Any Faiqoh mengatakan, tujuan diselenggarakannya lomba geguritan, untuk mguri-nguri budaya Jawa. Pasalnya, seni baca puisi dalam bahasa Jawa itu, sudah mulai luntur.
“Kalau baca puisi dalam bahasa Indonesia, kita sudah sering mendengar. Tapi kalau membaca geguritan, masih asing bagi generasi sekarang,” kata Any Ketua Panitia Lomba.
Kepala Bidang Pembinaan Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah, Bambang Supriyono, manambahkan lomba membaca geguritan tingkat SMA/SMK ini sangat perlu dilakukan. Sehingga generasi sekarang, mengenal dan tahu budaya asli Jawa. Ia berharap, lomba membaca geguritan bisa membaca dampak positif bagi guru, siswa, panitia, dan juga masyarakat. “Bahasa dalam geguritan sangat indah. Kalau kita benar dalam membacanya, yang mendengarkan bisa tersentuh hatinya, “ kata Bambang. 
Dewan juri membaca geguritan tingkag SMK, yang terdiri dari M.Achyar Permana (wartawan ), Uci fuadiyah (Unnes ) dan Aris Kalm (Sanggar Seni Paramesthi ), 

Juara Geguritan Pi:
1. Juara 1, Sally Yushinta dari SMKN Jawa Tengah,
2. Juara 2, Mila Ayanah SMKN 1 Wonosobo,
3. Juara 3, Tiara Rizki SMK Panca Bhakti Banjarnegara.

Juara Geguritan Pa:
1. Juara 1, Prayoga Kukuh dari SMKN 8 Surakarta,
2. Juara 2, Renu Suhasta dari SMKN 1 Blore,
3. Juara 3, Hanif Zain N SMK Texstil! Lailatul Qodar.


Comments

Post a Comment