SMK PB ikuti Jambore JOTA JOTI 2017

Oleh :
Khuswatun Hasanah
Siswa Kelas X TGB SMK Panca Bhakti Banjarnegara

Sri Rama dan Shinta, Kepanduan SMK Panca Bhakti Banjarnegara mengikuti rangkaian kegiatan Jambore On The Air ke 77 dan Jambore On The Internet Ke-35. Jambore-On-The-Air dan Jambore-On-The-Internet (JOTA-JOTI) adalah acara internasional resmi Organisasi Gerakan Pramuka Dunia (WOSM). JOTA-JOTI untuk kaum muda segala umur.
Kegiatan tersebut diselenggarakan secara serentak oleh seluruh Kwartir Cabang Se-Indonesia 20-22 Agustus 2017 lalu. Kegiatan yang dipusatkan di Gedung utama Kwartir Nasional di Cibubur Jakarta tersebut, diikuti oleh Kwarcab Banjarnegara yang memonitor lewat Pesawat Radio Amatir dan Jaringan Internet di Sanggar DKC Banjarnegara, diikuti oleh beberapa sekolah diantaranya SMK Panca Bhakti Banjarnegara mengirimkan 4 siswa, SMPN 1 Batur, SMAN 1 Banjarnegara, SMAN 1 Klampok, SMKN 2 Bawang SMK 2 Cokroaminoto dll.

Tentang JOTA-JOTI

Tujuan JOTA-JOTI adalah untuk memungkinkan dan mendorong Pramuka di seluruh dunia untuk berkomunikasi satu sama lain melalui radio amatir dan internet, memberikan pengalaman Pramuka yang menyenangkan dan edukatif dan mempromosikan rasa memiliki mereka terhadap Gerakan Pramuka di seluruh dunia. 
Di tingkat dunia, JOTA-JOTI dikoordinasikan oleh Tim JOTA-JOTI Dunia (WJJT), yang dipimpin oleh Koordinator JOTA-JOTI Dunia (WJJC). WJJT melapor kepada Komite Escuteiros Dunia dan didukung oleh Biro Escuteiros Dunia. Kegiatan terkait JOTA-JOTI berlangsung serentak di seluruh dunia setiap tahunnya selama akhir pekan ketiga di bulan Oktober.
Program JOTA-JOTI terdiri dari kedua kegiatan yang dikembangkan di tingkat dunia dan inisiatif yang dikembangkan di tingkat nasional dan lokal, didukung oleh Koordinator JOTA-JOTI Nasional dan tim masing-masing. Prinsip dasar JOTA-JOTI adalah pengalaman yang menyenangkan dan menggairahkan bagi kaum muda di Pramuka. JOTA-JOTI berusaha untuk mempromosikan Kepramukaan yang berkualitas dengan cara yang setia terhadap tujuan, prinsip dan metode Pramuka dan sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi kaum muda di dunia sekarang ini.
JOTA-JOTI berusaha untuk keterlibatan yang berarti dari banyak anak muda dari sebanyak mungkin dunia. JOTA-JOTI adalah kesempatan untuk merayakan Pramuka dan menghasilkan energi positif untuk mendukung pengembangan Gerakan Pramuka.

Tujuan:

  • Promosikan perasaan Pramuka tentang Gerakan Pramuka di seluruh dunia. 
  • Mempromosikan perdamaian, kesadaran budaya, toleransi, sharing, kolaborasi dan untuk mendorong perbuatan baik dan kewarganegaraan aktif. 
  • Memberikan kesempatan untuk pengembangan kerja tim dan keterampilan kepemimpinan melalui kegiatan berbasis patroli. 
  • Memberikan kesempatan menarik bagi kaum muda untuk mengeksplorasi teknologi dan untuk mengembangkan keterampilan teknis. 
  • Promosikan inovasi dan kreativitas. 

Program 

  • JOTA-JOTI akan menawarkan program yang sesuai untuk kaum muda di Pramuka dari semua umur (yaitu Pramuka dan Pramuka Cub sampai dengan dan termasuk Pramuka Rover). 
  • Program JOTA-JOTI dikembangkan oleh WJJT dan disetujui oleh Komite Escuteiros Dunia. 
  • Program JOTA-JOTI merupakan cerminan dari Janji, Hukum, Prinsip dan Metode Pramuka, sebagaimana didefinisikan oleh Konstitusi WOSM, dan juga mencerminkan kebijakan dan inisiatif terkini WOSM yang berkaitan dengan program pemuda. 





Sumber:
1.http://jotajoti.info/what-is-jota-joti/
2.http://radarbanyumas.co.id/kwarcab-banjarnegara-ikuti-jota-joti-nasional/

Comments

Post a Comment