Pramuka Agen Pariwisata melalui Saka Pariwisata Banjarnegara,2017


Sektor Pariwisata menjadi andalan Pemerintah Kabupaten Banjanegara dalam meningkatkan pendapatan daerah. Salah satu upaya adalah melibatkan pramuka dalam mensosialisasikan destinasi wisata Banjarnegara.
Keterlibatan langsung pramuka dengan menggelar Kemah Saka Pariwisata. Kemah Saka Pariwisata dilaksanakan di Obyek Wisata Curug Pitu, Desa Kemiri, Kecamatan Sigaluh. 
SMK Panca Bhakti Banjarnegara mengirimkan 4 peserta pada kegiatan ini.Materi yang disajikan adalah  scoutingskill, pengetahuan umum dan ketangkasan. 
Wakil Bupati Syamsudin membuka kegiatan ini sebagai pembina upacara dalam kegiatan yang digelar oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan bersama Gerakan Pramuka. 
"Gerakan pramuka menjadi pilihan kami dalam menggerakan dan mengembangkan pariwisata di Kab. Banjarnegara, dan diharapkan menjadi agen dalam menyampaikan potensi pariwisata daerah" demikian disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Banjarnegara.
Syamsudin yang hadir mengenakan seragam Pramuka tiba di tapak perkemahan sekitar pukul 09.30 WIB, Jumat (17/11). Begitu tiba, Syamsudin selaku Wakamabicab didampingi oleh Pamong Saka, Andalan Cabang dan Pejabat setempat langsung membuka kegiatan. 


Pada kesempatan itu, Syamsudin menyampaikan Gerakan Pramuka memang perlu mencari terobosan baru untuk mendidik generasi muda. Pasalnya generasi sekarang ini merupakan generasi adaptif dengan segala kemajuan teknologi yang ada. "Mereka mudah sekali terbawa arus perkembangan zaman, mudah juga untuk terjerumus hal-hal negatif. Untuk itu Gerakan Pramuka juga harus adapatif dengan mengadakan kegiatan yang kekinian tapi berdampak positif pada karakter generasi muda," ujar beliau sembari tersenyum. Di lain pihak Dwi Suryanto selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara, mengatakan "Gerakan Pramuka menjadi salah satu pilihan utama kami dalam membantu pengembangan pariwisata di Kabupaten Banjarnegara. Generasi muda yang ikut dalam kegiatan ini diharapkan mampu menjadi agen dalam menyampaikan potensi pariwisata yang di daerahnya masing-masing," ungkap beliau.



Comments