Refleksi 47 Tahun SMK Panca Bhakti Banjarnegara


Moment ulang tahun sebagai media untuk merefleksikan kualitas diri, apakah usia hidup ini memberi manfaat untuk kehidupan? Semakin baikkah ibadah kita, sikap sosial kita kepada sesama/lingkungan, adakah perubahan yang lebih baik yang mampu kita mampu promosikan untuk kehidupan? 
Mereflesikan diri pada peran masing-masing lini, walaupun sebagai OB pun sangat berarti/ tidak bisa dipandang sebelah mata.Menitikberatkan pada peran sentral pemimpin (Top manajemen dan WK) tentu hal yang lumrah akan tetapi pada lini bawah juga harus diperhatikan sebagai bagian dari sebuah network.
Sumbang sih SMK Panca Bhakti Banjarnegara tentu tidak diragukan lagi bagi pembangunan Banjarnegara dan tentunya Indonesia. Di usia yang 47 tahun sudah banyak meluluskan alumni yang telah menempati berbagai bidang pekerjaan.
Dengan banyak mempertanyakan kualitas dan sumbangan hidup untuk kebaikan akan memberi motivasi diri untuk membuat hidup dan kehidupan menjadi lebih baik, itulah ajaran Tuhan, Allah SWT kepada ummat manusia, menjadi lebih baik, mengakhiri hidup dengan kebahagiaan full/husnul khotimah.
Keren ya? Ulang tahun SMK Panca Bhakti Banjarnegara yang ke 47 tahun! 3 Tahun lagi Golden Age,Golden Moment,Golden Future. Selamat! Gebyar itu disapih atraksi spektakuler sang Illusionist, Marcel Wen! Panggung Khusus! Fantastis!
Almamatermu Bro!(Mohon Maaf jika Admin tidak sopan). ini dari hati yang tulus untuk untukMu PBKu.
Yang membuat gagal faham adalah, manfaat bagi siswanya. Apa yang mereka dapatkan ketika pihak sekolah merayakan HUT dengan demikian gemerlapnya, untuk sukseskan ulang tahun ke 47 itu? Apakah bangga yang didapat? Cerita di lini masa hidup? Sungguh  belum faham. Teringat cerita salah satu siswa yang malas untuk pergi ke perpustakaan sendiri karena isinya cuma buku-buku pelajaran saja. Salah satu organ vital pendidikan adalah perpustakaan, era now digital, EBook ya! Ah, aku nonton Marcel di Youtube ajalah, Tetap dalam jiwa.



Ulang tahun dirayakan dengan berbagai selebrasi di panggung/ untuk Show Arts OK lah. Tapi yang lain tuh sudah umum, terlalu mainstream. Heran nya, selalu digunakan terus konsep seperti ini. Buanglah duit ? untuk konsep lain yang topiknya mendidik dan akhirnya membangun Ok Sip Apresiasi dan angkat topi.
Yang paling masuk akal adalah memberikan pengalaman profesi masa depan. Bisa juga memberikan asupan mentalitas yang kuat semasa di SMK. Kegiatan-kegiatan yang bersifat motivasi bisa memberikan nilai tambah ke mereka. Semisal undang sekelas yang hebat Rhenald Kasali atau undang Anis Baswedan di acara ulang tahun akan beri mindset yang bagus buat anak-anak SMK. Atau Alumni-alumni yang hebat-hebat kita datangkan semua khusus untuk memotivasi adik-adik. Ada pula pakar-pakar mindset lain yang bisa bicara semisal Ari Ginanjar pakar ESQ.
Pokoknya bangun mentalitas lah. Apa yang terjadi di SMKPB juga mungkin terjadi di sekolah-sekolah lain. Bernyanyi dan pagelaran hiburan lainnya. Anak-anak dibombardir dengan kegiatan hedonis,hiburan,entertainment,joged-joged,cikibum-bum, dan ada Biduan yang membakar ‘syahwat’.
Apa yakin pihak sekolah memastikan pagelaran itu bebas miras dan narkoba? 
Maka mindset apa hasilnya dari pagelaran itu? Silakan merefleksikan diri sendiri. Anyway, selamat ulang tahun ke 47 SMK PBKU.Semoga kau selalu bisa menjadi instrumen pencerdas bangsa!
Next,Senin,12 Maret Pungkasan HUT ditutup dengan Pengajian dengan Ustadz Hanan Attaki (Mungkin)..

Untuk Foto-foto silahkan Klik di Instagram #smkpancabhakti atau #roadtohut


Comments