Hari Pendidikan Nasional 2019


Hari Pendidikan Nasional atau yang biasa disingkat Hardiknas jatuh setiap tanggal 2 Mei. Penetapan tanggal ini adalah berdasarkan tanggal lahir dari tokoh yang sangat berperan besar dalam pendidikan kita, yakni Ki Hajar Dewantara. Namun peringatan Hardiknas bukan semata untuk mengenang hari kelahiran beliau, tetapi juga sebagai momentum untuk kembali menumbuhkan semangat nasionalisme dan patriotisme bagi seluruh warga pendidikan.
Diantara upaya yang bisa dilakukan adalah melaksanakan upacara bendera peringatan Hardiknas. Dengan ini, kita bisa memahami filosofi pendidikan dan nilai perjuangan Ki Hadjar dan mengaplikasikannya dalam dunia pendidikan saat ini. Dalam surat edaran Kemdikbud nomor 31653/MPK.A/TU/2019 tanggal 5 April 2019, Kemdikbud memberi himbauan terkait Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019, diantaranya:

  • Menyemarakkan peringatan Hari Pendidikan Nasional dengan kegiatan-kegiatan dalam semangat unjuk kinerja hasil pembangunan di bidang pendidikan dan kebudayaan yang manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat. 
  • Mengedepankan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan. Melaksanakan upacara bendera secara serentak pada hari Kamis, 2 Mei 2019 pukul 08.00 waktu setempat. 
  • Memeriahkan Hari Pendidikan Nasional melalui media-media publikasi dengan mencantumkan tema Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019. 
  • Tema Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019 adalah “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. Logo Hardiknas 2019

Comments