Workshop E-KTSP Bagi Guru SMK Panca Bhakti Banjarnegara


Workshop penyusunan perangkat pembelajaran sebagai pemenuhan perangkat dan pengesahan E-KTSP diselenggarakan di SMK Panca Bhakti Banjarnegara. Pelaksanaan workshop pada tanggal 22,24 dan 25 Juni 2019. "Workshop ini sebagai upaya sekolah memenuhi kebutuhan perangkat pembelajaran yang dapat diakses oleh masyarakat" demikian disampaikan oleh Bp.Suka Bagyana,MPd pada paparan awal mengenai tujuan pelaksanaan E-KTSP ini.
Diperlukan solusi permasalahan pendidikan dari pemenuhan jumlah guru, sarana prasarana yang masih kurang. Disamping sinkronisasi kurikulum kurang adaptif dengan dunia industri. Disisi lain. Suka Bagyana selaku pengawas menyampaikan.
Sebagai manajemen proses, kurikulum didayagunakan utuk semua unsur. Dalam rangka memaksimalkan pencapaian tujuan pendidikan. Diantara perbaikan upaya kurikulum di sekolah coba memberikan inovasi dan kemudahan akses dalam bentuk KTSP.
KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) disetiap sekolah harus diketahui dan ditandatangan oleh Kepala Dinas Pendidikan. Untuk mengetahui sejauh mana KTSP diterapkan setiap sekolah. Sebelum awal tahun ajaran baru dimulai.
Menyusun KTSP diawali dengan analisis, menyusun draf, menetapkan, mengesahkan dan menerapkan KTSP di sekolah. Dalam dokumen satu meliputi silabus. Dokumen dua rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Sebagai dokumen administrasi guru.
Pada workshop kali ini guru menyusun semua perangkat pembelajaran dari perencanaan/pembuatan RPP dan telaah RPP. Sebelumnya pembuatan silabus dan telaah silabus, kemudian dengan menggunakan softcopy di kumpulkan untuk diupload dan diusulkan ke dinas pendidikan secara virtual.



Comments