Virtual Coordinator Training 2019


Kemendikbud bekerja sama dengan SEAMEO dan SEAMOLEC mengadakan pelatihan virtual yang dinamai Virtual Coordinator Indonesia. Pelatihan ini diperuntukan bagi guru,tidak dipungut biaya. Hanya bermodal niat belajar, dan jaringan internet.
Selain di kelas, guru juga harus mampu untuk meningkatkan kualitas melalui kegiatan pengembangan diri di luar sekolah. Terlebih saat ini seorang guru dituntut untuk mampu bersaing di era digital 4.0, dimana dunia virtual lebih dominan. Seorang guru harus mampu berperan di dunia virtual sehingga tidak di cap "out of date".
Peserta akan mempelajari cara membuat flyer, cara merekam presentasi melalui faststune, memperpendek link dengan bitly, membuat presensi dengan zohoo atau google form, cara menggunakan webex, dan mempelajari apa output yang akan dihasilkan pada kegiatan ini.
Kegiatan ini seluruhnya bersifat online, sehingga kami, peserta dan instruktur tidak akan bertemu secara langsung. Semua koordinasi dilakukan di grup WA. Adapun tugas yang perlu kami penuhi adalah, dua kali menjadi presenter, dia kali menjadi moderator, dua kali menjadi host,, membuat presensi online, dan membuat flyer. Semua tugas harus dapat dituntaskan dalam waktu dua minggu, baru sertifikat setara 39jam akan diberikan oleh penyelenggara. Sertifikat berlaku selama satu tahun sejak diterbitkan.
Referensi :
https://www.kompasiana.com/rikaandriani
http://www.sarastiana.com

Comments