Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) Keputrian SMKPB


Sebagai bentuk pendidikan karakter keislaman, ROHIS SMK Panca Bhakti Banjarnegara mengadakan kegiatan MABIT atau Malam Bina Iman dan Taqwa. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka melaksanakan program kerja yang tergabung dalam OSIS “ KEPUTRIAN” SMK Panca Bhakti Banjarnegara seksi Kerohanian Islam (ROHIS) pada tanggal 8 s.d. 9 Nopember 2019.
Untuk memudahkan memahami definisi ini, biasanya mabit dijadikan akronim dari Malam Bina Iman dan Taqwa. Secara umum MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa) adalah salah satu di antara sarana pendidikan islam atau tarbiyah islamiyah dalam rangka membina jiwa seorang muslim agar menjadi pribadi yang tidak hanya cerdas secara intelektual (fikriyah), sehat secara jasmani (jasadiyah), tetapi juga memiliki kecerdasan spiritual yang kuat kepada Allah SWT.
Mabit adalah salah satu sarana tarbiyah (wasa’ilut tarbiyah). Secara bahasa, mabit berarti bermalam. Dalam terminologi dakwah dan tarbiyah, mabit adalah salah satu sarana tarbiyah untuk membina ruhiyah, melembutkan hati, membersihkan jiwa, dan membiasakan fisik untuk beribadah (khususnya shalat tahajjud, dzikir, tadabbur dan tafakkur).
Tujuan Kegiatan ini sesuai dengan temanya yaitu "Menjadi Sebaik-baik Perhiasan Dunia" adalah membekali siswi  putri SMK Panca Bhakti Banjarnegara dalam hal keimanan dan ketaqwaan serta mampu mengimplementasikan dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat pada umumnya.
Materi kegiatan meliputi :
Keimanan. Ibadah.
Tadarus Al Quran
Sholat Wajib
Sholat Lail
Pergaulan remaja (pertemanan menurut Islam)
Bahaya Napza
Kegiatan ini sepenuhnya dibimbing oleh Nyai Ooh, SAg,MSi dengan Pemateri :
Ibu Nur, Firda Latifah,Era Widyasani, Pembimbing OSIS, Bp. Usman Fauzi,SAg

Comments