Kunjungan Industri Siswa Kelas XI, 2019

Siswa Prodi DPIB sedang melaksanakan Kunjungan Industri di PT.Adhi Karya Tbk 
Pada tahun pelajaran 1994/ 1995 Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pertama kali memberlakukan Program Pendidikan Sistem Ganda pada Sekolah Menengah Kejuruan. Berawal dari sorotan, kritikan dan saran dari berbagai kalangan masyarakat bahwa SMK kurang mampu dalam menghasilkan tenaga kerja yang siap pakai di dunia kerja, SMK kurang mampu/ memadai dalam memberikan dasar- dasar pengetahuan dan dasar- dasar ketrampilan.
Langkah awal yang di tempuh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengatasi permasalahan diatas adalah dengan mempopulerkan kebijaksanaan Link and Match (keterkaitan dan kesepadanan), sebagai upaya meningkatkan relevansi pendidikan dengan dunia kerja. Karena perkembangan kemajuan teknologi yang pesat dapat menyebabkan program pendidikan selalu ketinggalan dengan proses perubahan yang terjadi di masyarakat. Sebenarnya ketidak puasan dunia kerja atau industri terhadap lulusan SMK bukan akibat sistem belajar mengajar di sekolah menengah kejuruan tidak bermutu, namun perkembangan yang sangat pesat di bidang teknologi, sehingga pihak industri atau dunia kerja selalu menyesuaikan peralatan, baik macam maupun karakteristik pengoperasiannya. Sehingga para pakar pendidikan mengatakan bahwa sekolah menengah kejuruan yang memiliki fasilitas praktek kuat, lengkap sekalipun paling hanya dapat bertahan sekitar 5 sampai 8 tahun untuk dapat memenuhi kebutuhan tenaga siap pakai di industri.
Industri selalu melangkah lebih dahulu dalam menggunakan teknologi baru. PSG (Pendidikan Sistem Ganda) adalah satu bentuk Training/ Kerja Magang yang dilakukan oleh siswa SMK. Hal ini dilakukan untuk memberi bekal pengetahuan kepada mereka tentang situasi dan kondisi yang nyata di lingkungan industri/ instansi. Dengan PSG, siswa diharapkan dapat memperoleh pelajaran secara langsung dari industri/ instansi, sehingga apabila mereka telah menyelesaikan studinya di jenjang SMK, siswa dapat langsung terjun ke dunia kerja tanpa harus mengalami kesulitan, sebab sebelumnya dia telah mendapatkan pengalaman bekerja di industri/ instansi.
SMK Panca Bhakti Banjarnegara dalam pelaksanaan program ini tengah melaksanakan salah satu program PSG dengan mengadakan Kunjungan Industri (KI) ke beberapa industri di Malang,Surabaya dan Gresik. Pelaksanaa tanggal 8 s.d. 13 Desember 2019. Setelah melaksanakan KI, Siswa melaksanakan Program Praktik Kerja Lapangan ( PKL).

Comments