Pelepasan PKL Kelas XI, 2019


Hari Kamis, 9 Januari 2020 bertempat di lapangan sekolah, Kepala Sekolah melepas siswa Kelas XI yang akan melaksanakan PKL/Prakerin (Praktek Kerja Industri). Siswa yang akan melaksanakan PKL/Prakerin dari Program Keahlian DPIB, TEI, TKJ dan TBSM. Pelaksanaan prakerin di dunia industri dan instansi yang ada disekitar Kabupaten Banjarnegara, Wonosobo, Purbalingga dan Purwokerto bahkan untuk Program Keahlian TEI bertempat di Jakarta. Pelaksanaan selama 4 s.d. 5 bulan. Pelepasan dihadiri oleh Wakil Kepala Sekolah Bid. Kurikulum, Ketua Program Keahlian dan Guru Kejuruan.
Dalam sambutan pelepasan, Agus Supartono,SH,ST,SPd,MM,MMPd selaku Kepala Sekolah menekankan kembali bahwa proses pelaksanaan PKL adalah sama dengan pelaksanaan pembelajaran. Selama di sekolah lebih banyak teorinya sedangkan pada dudi lebih banyak praktik.
Sebagai upaya untuk mengenalkan dunia nyata/kerja yang sebenarnya. Siswa diharapkan dapat mengambil manfaat dari kegiatan ini sebagai wujud nyata implementasi kurikulum sekolah di dunia usaha dan industri yang selama ini di sekolah hanya berupa teori. Lebih lanjut disampaikan oleh kepala sekolah, agar siswa menjaga almamater dan nama baik sekolah selama melaksanakan Prakerin
PKL/Prakerin (Praktek Kerja Industri) adalah salah satu bagian dari program pendidikan sistem ganda (PSG).PSG adalah satu bentuk Training/ Kerja Magang yang dilakukan oleh siswa SMK sebagai upaya pendidikan untuk link and match dengan dunia kerja. Hal ini dilakukan untuk memberi bekal pengetahuan kepada mereka tentang situasi dan kondisi yang nyata di lingkungan industri/ instansi. 
Dengan PSG, siswa diharapkan dapat memperoleh pelajaran secara langsung dari industri/ instansi, sehingga apabila mereka telah menyelesaikan studinya di jenjang SMK, siswa dapat langsung terjun ke dunia kerja tanpa harus mengalami kesulitan, sebab sebelumnya dia telah mendapatkan pengalaman bekerja di industri/ instansi
Secara umum tujuan dari praktik kerja industri adalah agar siswa dapat menerapkan, membandingkan antara pengetahuan teori maupun praktik yang didapat selama di sekolah dengan pekerjaan sebenarnya yang ada di lingkungan DU/DI, membekali siswa untuk lebih meningkatkan pengalaman dan pengetahuan ketrampilannya secara professional sesuai dengan tuntutan dunia kerja dan perkembangan teknologi yang berkembang di masyarakat, secara tidak langsung sekolah akan mendapatkan umpan balik dari DU/DI dalam meningkatkan mutu tamatan.

Adapun tujuan prakerin secara khusus tentang kegiatan prakerin bagi siswa, setelah selesai melaksanakan kegiatan praktik kerja industri, diharapkan siswa dapat :
1.Memiliki wawasan yang luas tentang kegiatan lingkungan kerja di lini industri.
2.Memiliki kemampuan bekerja yang sesuai dengan standar kerja Dunia Usaha / Dunia Industri.
3.Memiliki disiplin dan inisiatif kerja yang tinggi sesuai tuntutan DU/DI.
4.Memiliki kreatifitas dan motivasi kerjadalammengembangkan keahliannya sesuai dengan profesi yang digelutinya.
5.Memiliki ketekunan, keuletan dan ketekunan dalam bekerja.
6.Memperhatikan kualitas dan tanggung jawab pekerjaan sesuai dengan tuntutan profesi.




Comments