Melaksanakan PILKETOS di tengah Pandemi Covid - 19 Beginilah hasil Peemungutan Suara untuk Ketua OSIS/MPK SMK Panca Bhakti Banjarnegara



Gambar diatas menunjukkan presentase suara yang masuk untuk pemilihan masing masing pasangan calon yang dilaksanakan pada 8 Januari 2021. Unggul dengan 49,72 % Paslon No Urut 1 memangkan PILKETOS dan menjadi Ketua OSIS Terpilih 2020/2021. Sedangkan Peringkat ke 2 yang dimenangkan oleh Paslon No Urut 2 dengan 25,41% Menjadi Ketua MPK Terpilih 2020/2021.

Berbeda dg pilketos sebelumnya. Kali ini pemilihan ketua OSIS dilakukan secara online dengan menggunakan WhatsApp Gateway sebagai media untuk menyalurkan suaranya

Format yg digunakan adalah ID#pilihan. ID berisi NIS dari siswa atau kode NIY utk guru dan karyawan. Sedangkan pilihan cukup diketik angka 1,2 atau 3. Pilihan tersebut dikirmkan ke nomer WA Center yang kemudian akan dioleh secara otomatis.

Prosentase suara ditampilkan secara real-time dg update per detik. Tekhnik pemilihan ketua OSIS menggunakan WhatsApp adalah sebuah trobosan terbaru yang dikembangkan oleh TIM Kreatif SMK Panca Bhakti Banjarnegara. TIM Kreatif ini yg dengan tanggap kesiagaannya menghadirkan sebuah solusi termudah dan termurah disaat situasi pandemi seperti ini.

Metode pilketos ini sangat sejalan dengan anjuran pemerintah bahwa kesehatan warga sekolah lebih penting. Mentaati protokol kesehatan dg menghindari kerumunan karena untuk memilih ketua OSIS dan MPK siswa tdk harus datang kesekolah, dan bisa dilakukan dari mana saja.

Untuk pemilihan ketua OSIS ini siswa tdk menginstall aplikasi baru namun cukup menggunakan WhatsApp sebuah aplikasi perpesanan yg sudah cukup familier dikalangan masyarakat.



                                                                                                                        By : Daniel V

Comments