Kepedulian Terhadap Ekosistem Sungai,Siswa Panca Bhakti Tebar 11.000 Benih Ikan

Dalam rangka memperingati hari Ikan yaitu pada tanggal 21 November SMK Panca Bhakti Banjarnegara melalui unit kegiatan siswa (ekstrakurikuler) Pencinta Alam Sketsa SMK Panca Bhakti Banjarnegara bekerjasama dengan Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kab.Banjarnegara dan Forum Komunitas Hijau (FKH) mengadakan kegiatan sosial berupa penebaran 11.000 benih ikan di Sungai Pletuk desa Pesangkalan Kec. Pagedongan, kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu, 22 Nop 2014.
"Penebaran benih bertujuan untuk menggembalikan ekosistem sungai dan merupakan rangkaian Diklat bagi penerimaan anggota baru Sketsa"demikian dikatakan oleh Ketua Sketsa Ibnu Jai Mubarok.Hadir pada penebaran itu Kepala KLH Banjarnegara,Singgih Haryono yang mengawali penebaran diteruskan para siswa.Berbagai macam benih ikan yang disebar diantaranya mujaher,melem,nila (ikan konsumsi masyarakat).
Pembina ekstrakurikuler Sketsa,Rizky Febriyanto mengatakan juga bahwa tujuan tersebut adalah untuk menjaga ekosistem sungai berupa menjaga dan mempertahankan keberadaan jenis ikan pada sungai tersebut. Pada kesempatan itu juga disosialisasikan penangkapan ikan secara sehat tanpa bahan peledak dan tanpa alat bantu setrum yang membahayakan ekosistem ikan.
Kepala KLH Kab. Banjarnegara memberikan apresiasi kepada siswa SMK Panca Bhakti Banjarnegara yang demikian peduli dan mendukung program-program pemerintah daerah terhadap kepedulian lingkungan hidup serta kesejahteraan masyarakat.

Referensi Foto/Gambar : Radar Banyumas.com

Comments