Kajian Hadist Ba'da Sholat Dhuhur




Bertepatan dengan istirahat kedua yaitu pukul 11.45 WIB SMK Panca Bhakti Banjarnegara menyelenggarakan sholat berjamaah bagi semua siswa dan guru. Manajemen SMK PB menyadari begitu besar manfaat kegiatan ini sehingga akan berupaya semaksimal mungkin untuk menambah area ibadah, Masjid akan dikembangkan lebih luas lagi sehingga minimal dapat menampung minimal 750 siswa (dalam 2 gelombang sholat jamaah). 
Sebagai ibadah yang wajib sholat berjamaah ini memiliki banyak keutamaan sebagaimana disampaikan dalam kajian Siang Ba'da Sholat Dhuhur bersama K.M.Usman Fauzi, S.Ag. 
Berkaitan dengan Wudlu: Diantaranya: Dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu, Nabishallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Siapa yang bersuci di rumahnya kemudian menuju salah satu rumah Allah (masjid) untuk menunaikan kewajiban Allah…” (HR.Muslim) Juga dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Apabila kalian berwudhu di rumah kemudian mendatangi masjid maka dia telah mendapatkan pahala shalat sampai pulang..” (HR. Ibnu Khuzaimah dan Hakim, dinilai shahih oleh Al-Albani)
Dari Salman radliallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Siapa yang berwudhu di rumahnya kemudian datang ke masjid maka dia menjadi tamu Allah…” (HR. At-Thabrani dalam Mu’jam Al-Kabir).
"Demikian besar manfaat dari wudhu dan sholat berjamaah ini semoga dapat kita beritahukan kepada saudara kita, tetangga kita dan relasi kita". demikian Ustads K.M. Usman Fauzi mengakhiri siraman rohaninya.

Comments