AKM Menuju SMK PB Yang Berkualitas


 

Banjarnegara, SMK Panca Bhakti mengadakan Asesment Kompetensi Minimum atau AKM. Pelaksanaan AKM dilakukan dalam Lab Komputer dengan kekuatan internet yang memadahi. AKM bertujuan untuk memberikan kualitas dari sekolah berdasarkan penilaian mandiri oleh peserta didik.


 

AKM merupakan bagian dari Asesment Nasional (AN) pengganti Ujian Nasional.  Asesmen nasional sendiri terdiri dari tiga bagian yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar. menurut Dwi Yuliati Mulyaningsih Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) adalah kompetensi yang benar-benar minimum, dimana melalui AKM kita bisa memetakan sekolah-sekolah di daerah berdasarkan kompetensi minimum yang harus dipersiapkan.  


 

AKM dan Survei Karakter terdiri dari soal-soal yang mengukur kemampuan bernalar menggunakan bahasa, kemampuan bernalar menggunakan numerasi, dan penguatan pendidikan karakter. Dan AKM dirancang untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar kognitif yaitu literasi dan numerasi.

 

 

 




Comments