ARTIKEL BUDI PEKERTI ANDIS ROH IMANI

PENANAMAN BUDI PEKERTI SEJAK DINI


Oleh : Andis Roh Imani, S.E, S.Pd
(Guru Bahasa Jawa SMK PANCA Bhakti Banjarnegara)
Budi Pekerti menurut kamus besar Indonesia adalah tingkah laku baik, bisa disebut akhlak yang bagus, mempunyai etika, moral, tata karma, sopan santun yang patut ditirukan.
Mempunyai sikap yang baik itu tidak mudah , tidak bisa serta- merta tetapi harus dilatih, diterapkan dari kecil dan orang tua harus mendidik sebelum anak tersebut mendapatkan pendidikan tambahan dari luar. Lingkungan keluarga merupakan titik awal pembelajaran budi pekerti bagi anak. Budi pekerti sebagai karakter yang terbentuknya melalui proses, bertahap dari mengamati dan mengamalkan yang kemudian membiasakan karena sudah menjadi karakter.
Orang tua dapat memberikan pelajaran budi Pekerti dengan cara mencontohkan atau mempraktekan langsung kegiatan- kegiatan yang ada di rumah dalam keseharian, sehingga anak akan lebih mudah memahaminya.
Pendidikan budi pekerti di rumah akan berlanjut saat di sekolah. Mulai dari hal yang sederhana di rumah misalnya dengan orang tua membiasakan  berkomunikasi menggunakan basa karma, bisa menempatkan undha- usuk basa dan juga  memahami unggah- ungguh. Menghormati orang yang lebih tua, merupakan landasan budi pekerti yang nantinya akan membentuk karakter yang bagus untuk anak- anak. 

Comments