Kepo-IN Pojok Literasi atau Pojok Baca Kelas Dalam Lomba 5R SMK Panca Bhakti Banjarnegara

        Pojok Literasi atau Pojok Baca, merupakan gerakan sekolah untuk meningkatkan minat baca siswa. Area atau ruang yang didedikasikan untuk meningkatkan minat baca, kreativitas, dan kemampuan literasi pada anak-anak. 

        Menurut Survei BPS (Badan Pusat Statistik) pada tahun 2019, sekitar 49,7% penduduk Indonesia berusia 10 tahun ke atas tidak membaca buku sama sekali dalam setahun sebelumnya.

        Di semester gasal Tahun Ajaran 2023/2024 ini, diadakan Lomba 5R( Ringkas, Resik, Rapi, Rawat, Rajin) sekaligus mewajibkan setiap kelas melengkapi administrasi kelas, Peralatan kebersihan, Slogan Motivasi dan tak kalah seru lagi yaitu membuat tanaman hidup di kelas dan Pojok Literasi atau Pojok Baca.

        Perpustakaan mini ini dibuat sesuai kreatifitas siswa dan Wali Kelas, agar menambah minat baca siswa siswi nya sesuai genre buku yang diminati. Bentuknya bisa beraneka macam, sesuai selera siswa dan Wali kelas yang membuat, yang pastinya bikin kelas kamu semakin keren dan kece!

        Pojok Literasi bisa disandingkan dengan Pohon Literasi untuk mencatat buku apa saja yang telah dibaca siswa dalam kertas berbentuk dau, juga bisa diisi dengan penggalan-penggalan kalimat (quote) atau ringkasan dari buku yang dibaca.

        Dengan begitu, frekuensi siswa untuk membaca diharapkan akan lebih banyak. Ini sesuai dengan instruksi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), lho. Khususnya soal Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai pengembangan dari Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti pada Anak. 

     

Pembagian Hadiah Lomba 5R Semester Gasal TA. 2023-2024

     

      Ide dan Inspirasi Pojok Baca yang Unik yang kami tangkap di Moment Lomba 5R di Bulan Oktober ini, semoga kelas lain terinspirasi.


Mengapa Perlu Pojok Literasi?

1. Meningkatkan Minat Baca

2. Mengembangkan Keterampilan Berbahasa

3. Mendorong Imajinasi dan Kreativitas

4. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

5. Memperluas Wawasan dan Pengetahuan

6. Membangun Keterampilan Sosial






















  
        Boleh juga ditambah kegiatan Literasi menarik lain seperti pidato, story telling, puisi dan lainnya. Semoga di semester Genap selanjutnya, semakin banyak kelas yang membuat pojok literasi dan semakin menumbukan minat membaca/ literasi lainnya. (Poppay)

Comments